Desain Grafis Dalam Periklanan

Dipagi ini kita akan membahas mengenai Desain Grafis Dalam Periklanan, tetapi sebelum itu silahkan baca mengenai :
Desain Grafis Dalam Periklanan
Desain Grafis Dalam Periklanan

Okey langsung saja mari kita bahas 
Desain Grafis Dalam Periklanan, Sedikitnya ada 5 fungsi desain komunikasi visual/desain grafis
Pertama, Informasi
yakni menyampaikan pesan secara jelasdan jernih.Desain membuat sesuatu mudah dipahami, tidakmenyesatkan. Ini diterapkan dalam desain rambu lalu lintas,desain rambu gedung (signage) di bandara misalnya. Jugadalam desain peta, diagram, infographic. Di Barat, desainergrafis yang mengkhususkan diri di bidang ini menyebutnyasebagai information architec, sedang disiplin ilmunya adalahinformation graphic.Di motori oleh Richard Saul Wurman.
Kedua, Identitas
yakni membuat sesuatu itu memilikikarakter/kepribadian unik sehingga ia diingat dan dikenal,bahkan disukai orang. Sesuatu disini bisa pribadi (personalidentity) atau Institusi (Corporate Identity). Contoh desainnyaadalah Logo, Stationary, Publikasi, dan penerapan identitaspada beragam media lainnya. Proses desainnya bisa dilakukandengan mencari ciri khas perusahaan itu, atau menciptakansuatu image baru. Seperti yang dilakukan UniversitasMaranatha dengan Lomba Mascotnya.
Ketiga, Fungsi Edukasi.
Desain mendidik. Educare berartimenarik keluar dari ketidak tahuan menjadi tahu, dari tidakmampu menjadi mahir. Coba hapus peran edukasi desain grafisini, maka kita akan mendapati betapa membosankannyamembaca buku pelajaran, betapa melelahkannya belajar,betapa lambatnya kita belajar. Gambar Ilustrasi dalam berbagai jenjang pendidikan dalam dalam berbagai cabang ilmu sangatmembantu kita mempelajari suatu ilmu.Lay Out/Tata letak yangbaik, pemilihan huruf yang tepat akan membuat belajar ituterasa menyenangkan.
Keempat, Fungsi Rekreatif
Selain berfungsi memberiinformasi, identitas dan edukasi, desain grafis dapat pulasekedar menyenangkan, menyejukkan mata, mengakrabkansuasana atau memperindah lingkungan. Kritikus Desain Grafisterkemuka Steven Heller menyebutnya sebagai EntertainmenGraphics. Di sekitar kita banyak bidang kosong yang perlusentuhan semacam ini. Badan mobil, motor, bis diisi garis danbidang menarik. Tembok kosong, lantai luas super mall, atappabrik raksasa, semuanya perlu sentuhan grafis jenis ini(supergraphic)
Kelima, Fungsi Persuasi.
Artinya membujuk. Di sini gambar danhuruf dimanfaatkan untuk membujuk orang agar menganutideologi tertentu (propaganda), membeli suatuproduk/jasa/gagasan tertentu (periklanan). 

Iklan Produk sudah jelas dipahami. Iklan Jasa contohnya adalah iklan Bank,asuransi, DHL, FedEx dsbya. Selain itu iklan dapat pula dilihatdari pebagian ILM (iklan layanan Masyarakat) yang bersifatsosial dan IBK (Iklan Bertujuan Komersial).Apapun bentuknya,semua perlu sentuhan desain grafis.Tokoh Periklanan dunia>antara lain Ogilvy, Leo Burnet, Claude Hopkins, Bernbach.
Aplikasi desain grafis dalam periklanan Jadi dalam desain grafis, harus jelas dulu apa yang ingin kitadesain? Apa Tujuannya? ApakahInformasi? Edukasi atau persuasi? Mendesain rambu dan iklanberbeda. Dalam desain rambu kita memilih huruf dan susunanyang paling jelas terbaca pengendara mobil dalam kecepatantertentu di jalan raya. Di jalan raya orang cenderung mencaridan butuh informasi ini. Apakah ke kiri itu ke Dago ke kanan ituke Kopo. Salah arah berarti harus memutar jauh karena jalansatu arah. Desain iklan lain lagi. Pembaca umumnya pasif. Perludipikat utuk melihat papan iklan. Sebab itu iklan seringmenggunakan gambar berukuran besar, gambar unik untukmembujuk orang.Dalam desain iklan gambar dan huruf harusdapat merebut hati orang.Dan ini bukan masalah sepele. Jutaan Dollar dihabiskan paraperiset iklan untuk meneliti perilaku konsumen, motivasi orang,dan psikologi persuasi.Intinya, desain grafis dalam periklanan lebih ditekankan pada bagaimana membujuk orang secara visual & verbal. Jadi butir pertama adalah APA. Apa yg didesain, Apa tujuannya,Apa Isi pesannya.Butir kedua adalah SIAPA. Siapa sasaran iklan/rambu/buku/logoini? Usia, gaya hidup, kebiasaan, Tingkat social. Dalam iklan tahap ini disebut segmentasi dantargeting.Butir ketiga adalah BAGAIMANA. Bagaimana menyampaikanpesan kepada sasaran. Bagaimana pendekatannya? Langsung? Tak langsung? Huruf saja?Dominan Gambar? Gaya kartun ataugayaDekoratif? Humoristis atau serius? Bagaimana berhubungandengan strategi dan taktik. Bagaimana juga menyangkut mediayang kita gunaka untuk menyampaikan pesan. Pesan yangsama akan berbeda Jika disampaikan melalui poster, berbeda lagi jika melaluibrosur, billboard atau iklan TV.Periklanan di Indonesia sudah cukup maju saat ini. Sudah adadesainer iklan yang memenangkan penghargaan di dalam danluar negri. Di Indonesia sendiri secara rutin diadakan penyerahan
oscar periklanan pada Citra Pariwara dan Pinastika Award.

Namun kita dapat menilai sendiri, bahwa masih ada berbagaihal yang perlu dibenahi. Salah satu contohnya adalahpenampilan iklan di Teve yang kurang simpatik,menjengkelkan bahkan terasa kurang sopan.Bagaimana desain iklan yang baik? Ada banyak pendapat. Kitabisa membacanya dalam berbagai buku periklanan. Antara lain :

Merancang iklan itu harus memperhatikan Money(biaya),Mission (Tujuan iklan), Message (pesan/ apa yg ingindisampaikan),Media(media iklan yang tepat) dan Measurement(Mengukur, menilai efek iklan). 

Atau Estetik (iklan itu janganmerusak lingkungan visual), Etis (sopan, tak berlawanandengan norma dimasyarakat), Efisien (Tidak boros biaya) danEfektif (menghasilkan dampak yang diinginkan oleh desaineriklan ).

Demikian mengenai Desain Grafis Dalam Periklanan semoga bisa memberikan manfaat. Untuk mendapatkan informasi baru tentang SEO silahkan klik SHARING, untuk informasi pengobatan silahkan kunjungi OBAT SEHAT, untuk informasi desain DESAIN GRAFIS 92 dan JASA GRAFIS tempatnya.
0 Komentar untuk "Desain Grafis Dalam Periklanan"

Menambahkan komentar tidak perlu menggunakan paypal :)

Back To Top