Grafis Berbasis Vektor dan Berbasis Bitmap

Grafis Berbasis Vektor dan Berbasis Bitmap
Gambar Vektor
Dipagi ini kita akan membahas mengenai Grafis Berbasis Vektor dan Berbasis Bitmap, tetapi sebelum itu silahkan baca mengenai : 
Okey langsung saja mari kita bahas Grafis Berbasis Vektor dan Berbasis Bitmap

Program Aplikasi Pembuat Grafis
Dalam penyampaian informasi dan komunikasi, gambar grafis sudah merupakan kebutuhan pokok pada era teknologi informasi dewasa ini. Sejak diperkenalkan sistem GUI (Graphical User Interface), kebutuhan akan teknologi grafis semakin meningkat. Perintah-perintah pada program aplikasi sekarnag banyak menggunakan ikon atau toolbox secara visual sebagai pengganti menu atau perintah yang berbasis command line (teks).

Pada pembuatan media informasi digital seperti website, eksistensi grafis sudah menjadi suatu kebutuhan. Tidak dapat dipungkiri lagi, grafis sudah menjadi tolak ukur kualitas suatu program aplikasi atau website. Hal tersebut menimbulkan perang urat saraf antar-produsen software, terutama perusahaan yang bergerak dalam bidang desain grafis, sehingga bermunculan software-software berbasis grafis dengan fitur-fitur (fasilitas) yang canggih, mudah dalam pengoperasian, menarik, dan compatible.

Pengertian Grafis Berbasis Vektor dan Grafis Berbasis Bitmap
Grafis adalah gambar yang tersusun dari koordinat-koordinat. Dengan demikian, semua gambar yang muncul pada layar monitor komputer terdiri atas titik-titik yang mempunyai nilai koordinat. Layar monitor berfungsi sebagai sumbu koordinat x dan y.


Desain grafis dibagi menjadi dua kelompok, yaitu desain bitmap dan vektor. Grafis desain bitmap dibentuk dengan raster/pixel (picture element)/dot/titik/point koordinat. Semakin banyak jumlah titik yang membentuk suatu grafis bitmap, berarti semakin tinggi tingkat kerapatannya. Hal ini menyebabkan semakin halus citra grafis, tetapi kapasitas filenya akan semakin besar.

Ketajaman warna dan detail gambar pada tampilan bitmap bergantung pada banyaknya pixel warna atau resolusi yang membentuk gambar tersebut. Hal ini berkaitan erat dengan kemampuan monitor dan VGA (Video Graphic Array) yang digunakan. Jika gambar tampilan bitmap resolusi tinggi ditampilkan pada monitor dengan resolusi rendah akan mengakibatkan gambar akan terlihat kasar, bahkan akan terlihat kabur berbentuk kotak-kotak (juggies) jika dilakukan pembesaran gambar. satuan ukuran grafis jenis bitmap adalah dpi (dot per inch) yang berarti banyaknya titik dalam satu inci.

Beberapa grafis bitmap dapat Anda temui di file komputerm yakni file komputer yang berekstensi .bmp, .jpg, .tif, .gif, .pix, dan .pcx. Grafis ini biasa digunakan untuk kepentingan foto-foto digital.

Program aplikasi grafis yang berbasis bitmap, antara lain Adobe Photoshop, Corel Photopaint, Microsoft Photo Editor, Gimp, dan Adobe Fireworks. Semuanya menawarkan kemudahan dan kelengkapan fiturnya.

Selain grafis jenis bitmap, ada grafis jenis vektor yang merupakan pengembangan dari grafis jenis bitmap(digital). Grafis ini tidak bergantung pada banyaknya pixel penyusunnya dan kondisi monitor karena tampilan vektor tersusun atas garis-garis. Tampilan akan terlihat jelis meskipun dilakukan pembesaran (zooming).

Penggunaan titik-titik koordinat dan rumus-rumus tertentu dapat menciptakan bermacam-macam bentuk grafis, seperti lingkaran, segitiga, persegi, dan poligon. Dengan demikian, pemakaian  grafis vektor akan lebih irit dari segi ukuran file, tetapi dari segi pemakaian prosesor akan memakai banyak memori.

Program aplikasi grafis yang berbasis vektor, antara lain CorelDRAW X5, Inkscape, Adobe Freehand, Adobe Illustrator, AutoCad, dan Micrografx Designer.


Macam-macam Program Grafis

Semakin meningkatnya kebutuhan akan citra gambar mendorong beberapa perusahaan software gratis untuk terus meningkatkan kemampuan dari softwareSoftware grafis secara umum dibagi menjadi dua, yaitu softwaregrafis berbasis vektor dan software grafis berbasis bitmap.

CorelDRAW X5 adalah salah satu software grafis berbasis vektor yang banyak digunakan. Kemudahan dalam penggunaannya membuat software itu dikena sebagai software andal dalam mendesain gambar vektor.

Adobe Photoshop CS5 adalah salah satu software grafis berbasis bitmap yang banyak digunakan pula. Adobe Photoshop CS5 banyak digunakan dalam dunia industri desain grafis, percetakan, dan foto studio. Selainsoftware grafis tersebut, masih banyak software lain yang beredar di pasaran. Berikut ini beberapa contoh software berbasis grafis.
  • CorelDRAW X5
  • Corel Photopaint
  • Adobe Photoshop CS5
  • Adobe Freehand
  • Adobe Illustrator
  • Micorsoft Photo Editor

Keunggulan dan Kelemahan Grafis Vektor dan Bitmap
Grafis vektor dan bitmap mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing. Keunggulan dari grafis vektor adalah file dokumen yang dihasilkan kecil, sehingga menghemat memori penyimpanan file. Kemelahan dari grafis vektor adalah pemakaian prosesor yang memakan memori lebih banyak, sehingga lambat laun komputer bekerja menjadi lebih lambat. Sedangkan keunggulan dari grafis bitmap adalah pemakaian memori lebih kecil dibandingkan grafis vektor. Kelemahan dari grafis bitmap adalah ukuran file dokumen yang dihasilkan besar, sehingga membutuhkan memori penyimpanan yang lebih besar. Kehalusan gambar grafis vektor tidak bergantung pada ukuran dpi, tetapi pada output device, yaitu printer. Semakin canggih output device yang digunakan, semakin halus citra grafis yang tampak.

Perbedaan Grafis Vektor dan Bitmap

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, perbedaan antara grafis vektor dan bitmap terletak dalam hal kualitas gambar yang dihasilkan. Ketika ukuran file dokumen grafis vektor diperbesar, kualitas gambar tidak berubah. Sebaliknya, pada grafis bitmap, ketika ukuran file dokumen grafis bitmap diperbesar, kualitas gambar akan berubah menjadi pecah.


Vektor
Bitmap
Gambar tetap jelas ketika diperbesar/bersifat scalable
Gambar kurang jelas ketika diperbesar
Demikian mengenai Grafis Berbasis Vektor dan Berbasis Bitmap semoga bisa memberikan manfaat. Untuk mendapatkan informasi baru tentang SEO silahkan klik SHARING, untuk informasi pengobatan silahkan kunjungi OBAT SEHAT, untuk informasi desain DESAIN GRAFIS 92 tempatnya.
0 Komentar untuk "Grafis Berbasis Vektor dan Berbasis Bitmap"

Menambahkan komentar tidak perlu menggunakan paypal :)

Back To Top