Dasar Pembuatan Games di Adobe Flash

Dasar Pembuatan Games di Adobe Flash
Adobe Flash

Dasar Pembuatan Games di Adobe Flash  - Seiring dengan perkembangan teknologi informasi Online, menjadi game developers (pengembang game) mempunyai prospek yang luar biasa. Banyak peluang yang ditawarkan dan salah satunya yaitu perancangan game. Flash merupakan program andalan dalam membuat aplikasi game baik untuk desktop (Komputer) maupun Mobile.
Berikut keunggulan membuat game dengan Flash :
  • Didukung oleh Adobe (Perusahaan Software International)
  • Ringan : ukuran file tidak besar
  • Browser Compatible : bisa dimainkan di browser secara online
  • Mendukung Format Vector : (jadi klo di zoom juga tidak mengalami perpecahan resolusi gambar)
  • Dapat dipadukan dengan adobe AIR (tehnologi multi touchscreen)

Program yang seringkali digunakan dalam mendukung Game Flash : 
  • Sothing SWF Decompiler (berfungsi untuk editing script game yang udah jadi SWF),bisa diunduh disini
  • ResHacker atau Resource Hacker (berfungsi mengubah icon dan keterangan file EXE saat game sudah jadi exe)
  • Cool edit pro / Adobe soundbooth / Audio edit magic (berfungsi untuk editing suara dan musik)
Nah sekarang Apa Saja yang Perlu dipelajari dalam pembuatan Games? 
  • Action Script
    Action Script digunakan untuk membuat kaitan antara data game dengan objek yang menjadi target, serta interaksi user dengan game. Bahasa pemrograman yang dibuat berdasarkan ECMAScript, yang digunakan dalam pengembangan situs web dan perangkat lunak menggunakan platform Adobe Flash Player. ActionScript juga dipakai pada beberapa aplikasi basis data, seperti Alpha Five. Bahasa ini awalnya dikembangkan oleh Macromedia, tapi kini sudah dimiliki dan dilanjutkan perkembangannya oleh Adobe, yang membeli Macromedia pada tahun 2005. Action Script terbaru saat ini adalah Action Script 3.0. Action Script 3.0 adalah bahasa terbaru dari edisi yang sebelumnya dikenal dengan Action Script 2.0. Action Script 3.0 memiliki beberapa kelebihan dibanding pendahulunya, antara lain fitur yang ditawarkan adalah file pada Action Script 3.0 dapat dibuat terpisah saat runtime.
  • Symbol Button
    Symbol dengan tipe tombol (button) digunakan sebagai media untuk mengolah dan menetukan data warna
  • Symbol Movie Clip
    Symbol Movie Clip digunakan sebagai penampungan object yang menjadi target
Demikian sedikit mengenai Dasar Pembuatan Games di Adobe Flash, semoga bermanfaat

Sumber : DUNIA GRAFIS
Tag : Adobe Flash
0 Komentar untuk "Dasar Pembuatan Games di Adobe Flash"

Menambahkan komentar tidak perlu menggunakan paypal :)

Back To Top